Basic Learning Game Maker - Belajar Dasar Game Maker - Xtreme Programmers

Berbagi tentang Teknologi untuk Pencinta Teknologi!

Breaking

Post Top Ad (OFF)

Sunday 27 March 2016

Basic Learning Game Maker - Belajar Dasar Game Maker

Basic Learning About Game Maker
Hasil gambar untuk gamemaker
     Halo teman  -teman programmers indonesia... saya di sini akan memposting mengenai Game Maker. Versi yang saya akan jelaskan adalah Game Maker 8 dari Yoyogames.

     Game Maker adalah sebuah software pembuat game. Tampilan pada Game Maker cukup User Friendly  Sehingga tidak akan membuat pusing Pengguna Game Maker. Sebelum kita membuat game alangkah baiknya untuk mamahami tentang software yang kita pakai untuk membuat game tersebut.


The Game Maker Languange

      Bahasa Game Maker


     Game Maker adalah software Programming yang mempunyai Bahasa Pemrograman tersendiri. Bahasa pada Game Maker pun tidak Terlalu Rumit. Karena itu Game Maker Sangat Cocok dengan Para Newbie Programmer.  Dimulai dari CODE EDITOR nya yang juga USER FRIENDLY sampai fasilitas AUTO COMPLETETION yang sangat memudahkan para USER dalam memasukkan Perintah-perintah.

1. Sprite Editor


     Sprite Editor Pada Game Maker Sangat unggul. Selain cukup banyak fitur pada sprite editor ini, proses kerjanya pun cukup cepat. Fitur yang sangat bagus pada Game Maker ini antara lain Colorize, Colorize Partial, Erase a color, Make Opaque, Crop,dll.

Mengapa saya bilang unggul?

Colorize : Pada tool ini kita dapat mengganti warna pada sprite/gambar dengan baik.

Colorize Partial : Tool ini sama fungsinya dengan Colorize, hanya saja Tool ini lebih Detai yaitu dengan mengubah per bagian.
Erase a color : Tool sangat unggul, karena akan memudahkan untuk menghapus sebuah warna yang tidak di perlukan.
Make Opaque : Tool ini digunakan untuk memberikan warna pada bagian yang tidak terdapat warna/gambar sama sekali.
Crop : Mengapa crop di sini unggul? ya karena kita tidak usah repot-repot menyesuaikan ukuran potongan gambar. Kita hanya tinggal menentukan berapa ukuran ruang pada pinggir gambar dan setelah itu gambar akan terpotong secara otomatis sampai batas yang telah ditentukan tadi.

2. Background Editor



    Background Editor ini tidak jauh berbeda dengan sprite editor. Background terdapat dua macam yaitu Background biasa dan Background Tile. Untuk kali ini tidak akan saya jelaskan terlalu dalam karena ini adalah penjelasan basic.

3. Script


   Script di sini juga sangat digunakan, dalam game maker kita dapat memanggil suatu script pada event yang kita inginkan dan mengisi script tersebut dengan argument-argument. Nah, script ini dapat sangat memudahkan proses pembuatan program. Dengan ini kode yang akan kita buat tidak akan terlihat acak-acakan dan menjadi rapi. Juga tidak akan panjang.


4. Timeline


   Apa itu Timeline? Timeline itu adalah suatu susunan action yang akan berjalan secara berurutan pada waktu yang telah ditentukan. Apa kegunaan Timeline? Untuk menjalankan suatu action agar tersusun. Contohnya dalam game anda pasti telah mengenal Event bukan? dimana event tersebut akan membuat sang player bergerak sendiri secara teratur dan tersusun. Nah sama halnya dengan event tersebut, itulah Funsi dari Timeline.


5. Object Editor


    Object editor ini merupakan salah satu komponen penting Game Maker. Tanpa adanya objek maka suatu program tidak akan ada gunanya. Dalam Game Maker terdapat beberapa Tab. Antara lain Tab Properties, Tab Event, Dan Tab Action. Untuk penjelasan mengenai object tidak akan saya bahas pada artikel ini.


6. Room Editor


     Room Editor ini juga termasuk komponen penting pada Game Maker. Tanpa adanya Room maka Program Game Maker tidak dapat dijalankan. Karena Room berfungsi sebagai tempat bekerjanya semua object yang ada. Jadi, tanpa adanya tempat bekerja maka suatu object atau hal tidak akan bisa digunakan/bekerja. Dalam Room Editor Terdapat beberapa Bagian antara lain yaitu Bagian Object, Background, Setting, View, dan Bagian Tile.


     Sekian Penjelasan Dasar Mengenai Game Maker. 


Untuk Pembelajaran Dasar Script Game Maker Kalian dapat membacanya pada Artikel

Basic Learning Belajar Script Game Maker
Silahkan Tunggu Artikel Lain Untuk Belajar dan mendapatkan informasi seputar dunia IT. Sekian dan terima kasih...

Pages