Basic Learning Belajar Script Game Maker - Xtreme Programmers

Berbagi tentang Teknologi untuk Pencinta Teknologi!

Breaking

Post Top Ad (OFF)

Sunday 27 March 2016

Basic Learning Belajar Script Game Maker

Belajar Script Game Maker Dengan Mudah
Hasil gambar untuk game maker 8 pixabay

     Halo teman2… kali ini saya akan berbagi pelajaran tentang game maker…… nah… untuk pelajaran/tutorial kali ini saya akan memberikan tutorial yang sangat mudah untuk di pahami sehingga kalian akan senang menggunakan script pada game maker……
     Mari kita mulai…………

1.Apa itu Script?
Script dalam game maker(menurut saya) adalah kode yang di pakai untuk melakukan perintah-perintah yang akan di jalankan oleh game maker.
Terdapat beberapa kode dalam script antara lain:
A.Function
    Function yaitu kode-kode yang memuat perintah atau pernyataan untuk berjalan pada script game maker.
Contoh Function: place_free(x,y),draw_text(x,y,string),dll…
B.Variable
    Variable yaitu kode yang mewakili sesuatu seperti sprite,room,object yang dapat berupa hal tersebut atau pun yang berhubungan dengan hal tersebut. Ada variable yang dapat dig anti oleh kita tetapi ada juga yang tidak bisa,kita juga dapat membuat variable sendiri(akan di bahas nanti).
Contoh:
Variable yang dapat di ganti      : x,y,speed,gravity,dll
Variable tidak yang dapat di ganti    : sprite_width,dll
C.Constant
    Constant yaitu kode yang di gunakan pada Function atau mewakili suatu hal dan tidak dapat di ganti.
Contoh Constant: ef_smoke,c_red,vk_space,mb_left,dll

     Itu adalah beberapa kode yang terdapat dalam script game maker.

2.Belajar Kode dasar
    Dalam penggunaan script terdapat kode dasar yang harus di ketahui terlebih dahulu.
     Kode-kode tersebut antara lain:
A.if
    “if” berarti “jika”,if sangat dasar untuk memakai script pada game maker.
Contoh:
if keyboard_check(vk_space) ///jika keyboard sedang menekan tombol spasi
B.then {}
    “then” berarti “maka” lambang lain dari then yaitu “{}”,”then” di gunakan setelah “if”.
Contoh:
if keyboard_check(vk_right) then x+=5 ///jika keyboard sedang menekan tombol arah kanan maka posisi x bertambah 5
Atau bisa juga
if keyboard_check(vk_right)
{
X+=5
}
///sama seperti yang tadi
C.and &
    “and” berarti “Dan”, kode ini di pakai jika ada 2 hal yang akan kita pastikan. Lambang lain dari and adalah “&”
Contoh:
If keyboard_check(vk_space) and vspeed=0
D.or ||
    “or” berarti “atau”, seperti namanya kode ini berfungsi untuk memastikan atau mengecheck suatu hal atau suatu hal. Lambing lain dari or adalah “||”
Contoh:
If keyboard_check(vk_up) or keyboard_check(vk_space)
Atau
If keyboard_check(vk_up) || keyboard_check(vk_space)


Sekian Postingan ini… mohon maaf jika saya mengalami kesalahan… karena saya juga masih belajar… jadi Good Luck ya… semoga menjadi Programmer yang handal… Salam Programmer!

Pages