[Newbie] Game Maker Practice
Quest Game Tutorial
Halo sobat programmers! Apa kabar? Mudah-mudahan semua baik ya… oh iya, kali ini saya akan memberikan tutorial Game Maker untuk Newbie… Saya Akan membrikan tutorial "Membuat Game Quis Dengan Game Maker" Karena Waktu itu ada yang request, jadi saya buat tutorialnya… Nah kita mulai langsung aja yuk!
1. Membuat Sprite
Nah sekarang kita harus membuat sprite Tombol… Klik kanan folder sebelah kanan yang bertuliskan Sprite lalu pilih Create Sprite!... untuk spritenya kita gunakan yang simple saja…
Seperti ini
2. Membuat Script
Selanjutnya kita buat script untuk memudahkan proses ya…
Di Folder Bertulisan Script sebelah kanan Window klik kanan lalu pilih Create Script Atau Click gambar Kertas pada Toolbar di atas Window… Berinama Script tersebut dengan nama “scr_quest”… Lalu, Didalam script kita masukkan code berikut!
quest = argument0
ans = argument1
ans = argument1
Note : script ini berguna untuk Membuat pertanyaan…
argument0 akan digunakan untuk memasukkan pertanyaan,
argument1 akan digunakan untuk memberikan jawaban yang benar.
Lalu buat script lagi dan berinama “scr_addbuttons”!…
Masukkan Code Berikut!
a = instance_create(room_width/2,240-68,obj_butans)
a.str = argument0
b = instance_create(room_width/2,240-34,obj_butans)
b.str = argument1
c = instance_create(room_width/2,240,obj_butans)
c.str = argument2
d = instance_create(room_width/2,240+34,obj_butans)
d.str = argument3
a.str = argument0
b = instance_create(room_width/2,240-34,obj_butans)
b.str = argument1
c = instance_create(room_width/2,240,obj_butans)
c.str = argument2
d = instance_create(room_width/2,240+34,obj_butans)
d.str = argument3
Script ini berguna untuk membuat tombol jawaban…
a.str sampai d.str adalah membuat object button tetapi dengan str yang berbeda… berarti kita dapat mengatur suatu variable yang ada pada suatu object…
Untuk argument0-argument3 akan digunakan untuk memasukkan pilihan jawaban…
3. Membuat Object
Setelah itu kita buat Object… berinama object tersebut “obj_gamevar”!
Lalu klik Tombol Add Event > Other > Game Start
Setelah itu Masukan Script Dengan cara Menyeret gambar kertas pada Tab Action Pada Bagian Control… (Gambar Kertas Biasa)
Masukkan Code Berikut!
globalvar quest,answer,ans,gamescore;
quest = ''
answer = ''
ans = false
gamescore = 0
quest = ''
answer = ''
ans = false
gamescore = 0
code ini berfungsi untuk membuat Variable yang bersifat Global…
quest adalah soal
answer adalah jawaban yang kita pilih
ans menunjukan apa jawaban kita benat atau salah…
gamescore adalah score kita pada game…
Setelah itu masih pada object tadi pilih Add Event > Step > Step > Masukan Script
Masukkan Code berikut!
if keyboard_check_pressed(vk_anykey) or mouse_check_button_released(mb_left) {room_goto_next()}
code ini berfungsi jika kita menekan suatu tombol maka akan menuju room selanjutnya…
setelah itu Masih object tadi lalau Add Event > Draw
masukkan code berikut untuk menggambar tulisan!
draw_set_halign(fa_center)
draw_set_valign(fa_center)
draw_text(room_width/2,room_height/2,'Tekan Apa saja untuk mulai!')
draw_set_valign(fa_center)
draw_text(room_width/2,room_height/2,'Tekan Apa saja untuk mulai!')
Sekarang kita buat Object baru… Berinama “obj_quest”.
Lalu Add Event > Create > Masukkan Script
if room = Lev1
{
scr_quest('Siapakah Presiden Pertama Indonesia?','Ir. Soekarno')
scr_addbutans('Drs. Moch. Hatta','Muh. Yamin','Joko Widodo','Ir. Soekarno')
}
if room = Lev2
{
scr_quest('Siapakah Penemu Telepon?','Alexander Graham Bell')
scr_addbutans('Jusuf Kalla','Alexander Graham Bell','John V Antanasof','Saya')
}
if room = Lev3
{
scr_quest('Dimanakah Habitat Ikan?','Air')
scr_addbutans('Darat','Udara','Air','Rumah')
}
if room = Lev4
{
scr_quest('Baden Powell adalah...','Bapak Pramuka')
scr_addbutans('Bapak Pramuka','Bapak Pendidikan','Bapak Koperasi','Bapak Saya')
}
if room = Lev5
{
scr_quest('5 + 10','15')
scr_addbutans('32','15','61','22')
}
if room = Lev6
{
scr_quest('Jika n + 30 = 100#Maka n adalah?','70')
scr_addbutans('20','10','70','50')
}
if room = Lev7
{
scr_quest('Tahun berapakah Proklamasi Di Bacakan#oleh Ir. Soekarno?','1945')
scr_addbutans('1928','1945','1946','1948')
}
if room = Lev8
{
scr_quest('Tanggal Berapa Hari Pahlawan itu?','10 November')
scr_addbutans('10 Desember','20 Desember','10 November','20 November')
}
if room = Lev9
{
scr_quest('25 x 8','200')
scr_addbutans('100','150','200','250')
}
if room = Lev10
{
scr_quest('Mana Blog Xtreme Programmers Yang Benar?#___.blogspot.com','xtreme-programmers')
scr_addbutans('xtrprograms','xtremeprogrammers','xprogrammers','xtreme-programmers')
}
{
scr_quest('Siapakah Presiden Pertama Indonesia?','Ir. Soekarno')
scr_addbutans('Drs. Moch. Hatta','Muh. Yamin','Joko Widodo','Ir. Soekarno')
}
if room = Lev2
{
scr_quest('Siapakah Penemu Telepon?','Alexander Graham Bell')
scr_addbutans('Jusuf Kalla','Alexander Graham Bell','John V Antanasof','Saya')
}
if room = Lev3
{
scr_quest('Dimanakah Habitat Ikan?','Air')
scr_addbutans('Darat','Udara','Air','Rumah')
}
if room = Lev4
{
scr_quest('Baden Powell adalah...','Bapak Pramuka')
scr_addbutans('Bapak Pramuka','Bapak Pendidikan','Bapak Koperasi','Bapak Saya')
}
if room = Lev5
{
scr_quest('5 + 10','15')
scr_addbutans('32','15','61','22')
}
if room = Lev6
{
scr_quest('Jika n + 30 = 100#Maka n adalah?','70')
scr_addbutans('20','10','70','50')
}
if room = Lev7
{
scr_quest('Tahun berapakah Proklamasi Di Bacakan#oleh Ir. Soekarno?','1945')
scr_addbutans('1928','1945','1946','1948')
}
if room = Lev8
{
scr_quest('Tanggal Berapa Hari Pahlawan itu?','10 November')
scr_addbutans('10 Desember','20 Desember','10 November','20 November')
}
if room = Lev9
{
scr_quest('25 x 8','200')
scr_addbutans('100','150','200','250')
}
if room = Lev10
{
scr_quest('Mana Blog Xtreme Programmers Yang Benar?#___.blogspot.com','xtreme-programmers')
scr_addbutans('xtrprograms','xtremeprogrammers','xprogrammers','xtreme-programmers')
}
Script diatas akan berfungsi untuk membuat soal pada room yang di tentukan dengan menggunakan script yang sudah kita buat tadi… Kalian bisa mengganti Soal dan jawaban pada script scr_quest(‘’,‘’) Pada kolom/argument pertama untuk soal dan kedua untuk jawaban…
Lalu pada script scr_addbutans(‘’,‘’,‘’,‘’) untuk membuat tombol menggunakan script yang sudah kita buat… kolom/argument-argument tersebut yang bertanda petik adalah pilihan jawaban yang akan kita tambahkan…
Setelah itu masih di object tadi Add Event > Draw
Masukkan script berikut!
draw_set_halign(fa_center)
draw_set_valign(fa_center)
draw_text(room_width/2,100,quest)
draw_set_valign(fa_center)
draw_text(room_width/2,100,quest)
script itu berfungsi untuk menggambar Tulisan soal…
Lalu kita buat object baru… Berinama “obj_button”
Add Event > Create > Masukkan Script berikut…
image_speed = 0
image_index = 0
str = ''
image_index = 0
str = ''
str adalah variable yang berguna untuk menyatakan jawaban pada saat kita memilih tombol… Kita buat gambar tidak berjalan/berganti frame… dengan menyatakan image_speed = 0…
Lalu masih di object tadi Add Event > Step > Masukkan Script
if distance_to_point(mouse_x,mouse_y)<1 {if mouse_check_button(mb_left){image_index = 1} else {image_index = 0}} else {image_index = 0}
Ini akan berguna jika kita menekan tombol maka tombol akan berganti nomor gambarnya menjadi 1… Dan akan menjadi gambar tertekan…
Buat Event lagi Add Event > Mouse > Mouse Release > Masukkan script
if str = ans
{
show_message('Benar!')
gamescore += 10
if room != room_last {room_goto_next()} else {game_restart() show_message('Score Kamu '+string(gamescore))}
}
else
{
show_message('Salah!')
if room != room_last {room_goto_next()} else {game_restart() show_message('Score Kamu '+string(gamescore))}
}
{
show_message('Benar!')
gamescore += 10
if room != room_last {room_goto_next()} else {game_restart() show_message('Score Kamu '+string(gamescore))}
}
else
{
show_message('Salah!')
if room != room_last {room_goto_next()} else {game_restart() show_message('Score Kamu '+string(gamescore))}
}
Ini akan berjalan saat mouse melepaskan tombol kiri…
Ini akan menyatakan apakah jawaban benar atau tidak. Jika str sama dengan variable ans maka jawaban akan benar jika tidak maka jawaban salah…
Lalu jika ini bukan room terakhir (room_last) maka akan menuju room selanjutnya… jika ini room terakhir… maka akan mengulang game dan memberitahu Score yang di peroleh…
Buat Event Lagi Add Event > Draw > Masukkan Script
draw_sprite(sprite_index,image_index,x,y)
draw_set_halign(fa_center)
draw_set_valign(fa_center)
draw_text(x,y,str)
draw_set_halign(fa_center)
draw_set_valign(fa_center)
draw_text(x,y,str)
script ini akan menggambar tulisan jawaban yang ada pada tombol ini…
4. Membuat Room
Sekarang kita hamper sampai pada tahap akhir… pertamabuat room dengan cara klik kanan folder room lalu create room… beri nama room tersebut “Start”
Lalu pilih object obj_gamevar lalu taruh di sudut room…
Sekarang buat roombaru dan beri nama “Lev1” dan taruh object obj_quest di pojok room…
Sekarang kita akan menduplicate room “Lev1” dengan cara klik kanan room tersebut dan klik duplicate!
Setelah itu berinama “Lev2” dan lakukan hal yang sama sampai room “Lev10” karena kita akan membuat 10 level…
5. Test Game
Inilah tahap terakhir yaitu tahap Test Game… klik Gambar Play hojau di Toolbar pada atas window atau Tekan F5 untuk mencobanya…
Pilih jawaban… Berhasil kan?...
Akhirnya Game Quest Kita telah berhasil di buat…
Terima Kasih sudah mengunjungi Blog ini ya… para sahabat Programmers… Jika ada yang tidak dimengerti silahkan comment saja di bawah… Bye!...[Newbie] Game Maker Practice
Quest Game Tutorial